Rumah, atau Hunian merupakan tempat dimana kita tinggal, dengannya seluruh proses kegiatan kehidupan berawal dan selesai. Rumah yang nyaman tentu memberikan ketentraman dan keamanan bagi para penghuninya, dan juga menimbulkan kebahagiaan dimana disana bisa berkumpul bercengkrama bahkan ada istilah yang menyebut baiti jannati atau rumahku surgaku apabila semua penghuinya merasakan kenyamanan dan kebahagiaan di dalam rumah.

Persepsi Masyarakat yang berkembang tentang rumah keluarga muslim seringkali identik dengan rumah tanpa pagar pembatas dan juga design rumah yang terbuka. Karena selain tempat tinggal, rumah adalah tempat untuk melakukan aktifitas keluarga yang bersifat privasi. Rumah juga menjadi tempat berlangsungnya kegiatan kehidupan khusus sesuai dengan yang dilakukan oleh pemilik rumah dan kelebihan dari rumah adalah, anggota keluarga wanita bisa melepaskan jilbab dan kerudung dan memakai pakaian rumah yang mereka sukai, dengan harapan agar bisa lebih memikat suami dan juga dapat bercengkrama dan berkumpul bersama keluarga tanpa harus khawatir privasi mereka diketahui oleh selain penghuni rumah. Maka persepsi yang sudah terlanjur berkembang ini harus diluruskan.

Sering kita jumpai pada desain rumah sekarang ini adalah isi rumah yang sangat terbuka, di beberapa rumah tipe minimlis misalnya begitu pintu dibuka maka kelihatan jelas isi rumah tersebut ruang keluarga ruang makan sampai dapur. Dan di beberapa desain lainnya ada yang menyertakan banyak kaca sehingga kegiatan dalam rumah bisa terlihat dari luar. Hal yang seperti ini bisa mengurangi keamanan dan kenyamanan karena ada perasaan canggung dan khawatir kegiatan didalam rumah bisa di lihat orang yang berlalu lalang, dan merupakan kewajiban bagi pemilik rumah dalam merencanakan rumah yang nyaman dan aman dengan privasi yang terjaga, sehingga hal ini harus direncanakan ketika kita memutuskan untuk membeli sebuah rumah

Dalam Islam sendiri syariat sudah mengatur tentang privasi penghuni rumah dari tamu atau orang asing di luar rumah. Bahkan mengizinkan mereka untuk mengusirnya, seperti pada sabda Rasulullah saw:

“Jika ada seseorang yang melihat-lihat pada (rumah)mu tanpa izin, kemudian engkau melemparnya dengan batu dan mengenai matanya, maka tidak ada dosa padamu.” (HR. Muslim)

Alhamdulillah Rumah Syariah Adreena Village Cibubur hadir dengan solusi rumah yang menerapkan Baiti Jannati dalam desainnya seperti Teras dengan Terawangan, menerima tamu dengan aman dan nyaman cukup di teras masih terlindung dari luar dan untuk penghuni rumah disediakan ruang privasi agar penghuni rumah khususnya wanita bisa menjalankan aktifitasnya dengan rasa aman dan nyaman.

Selain itu, Penerapan sunnah di Rumah Syariah Adreena Village seperti kamar mandi tidak menghadap kiblat dan pemisahan kamar mandi dari bangunan utama rumah, menjadikan rumah tetap dalam keadaan suci bersih dan tentunya nyaman bagi siapapun yang tinggal di dalamnya.

Leave a comment

Your email address will not be published.

Yuk Chat Kami
1
Tim Kami siap Melayani
Assalamualaikum
Ada yang bisa kami bantu kak?